|  BERANDA  |  TAJUK TERKINI  |  JELAJAH  |  TSAQOFAH ISLAM  |  SIRAH NABAWIYAH  |  INSPIRASI  |  SAKINAH  |  MAUIDHATUL HASANAH  |  TAHUKAH?  |  JUMRAH.COM  |

Begini Tradisi Mudik Lebaran di Berbagai Negara

Begini Tradisi Mudik Lebaran di Berbagai Negara
Mudik alias pulang kampung sudah menjadi tradisi turun-temurun yang dilakukan masyarakat Indonesia tiap jelang lebaran. Jutaan orang tiap tahunnya berbondong-bondong kembali ke kampung halaman dengan memanfaatkan berbagai macam transportasi mulai dari sepeda motor, mobil, bus, kereta api hingga pesawat terbang. Tujuannya hanya satu, ingin berkumpul dan berlebaran bersama keluarga.

Namun tahukah Anda, ternyata tradisi mudik tiap jelang Lebaran tak hanya ada di Indonesia. Mudik juga dilakukan oleh masyarakat di sejumlah negara. Negara mana saja?


Berikut ini beberapa negara di dunia yang memiliki tradisi mudik seperti Indonesia, yang dihimpun redaksi, Kamis 16 Juli 2015.

1. Malaysia
Negara tetangga Indonesia ini ternyata juga menerapkan tradisi mudik jelang Lebaran. Di Malaysia, tradisi mudik dikenal dengan nama 'balik kampong'. Masyarakat Malaysia melaksanakan 'balik kampong' tak hanya pada saat Lebaran, tetapi biasanya juga saat tahun baru Imlek.

2. Bangladesh
Sama halnya dengan Indonesia, tradisi mudik jelang hari raya Idul Fitri juga dimiliki Bangladesh yang mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam. Tak jauh berbeda dengan di Indonesia, beberapa hari sebelum Idul Fitri biasanya arus mudik di Bangladesh sudah mulai ramai. Orang-orang berbondong-bondong 'menyerbu' terminal bus, memadati stasiun kereta api hingga memilih mudik dengan perahu sungai.

3. India
Masyarakat India juga terbiasa melakukan mudik saat menjelang Lebaran. Orang-orang berbondong-bondong pulang kampung karena ingin merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halamannya. Di samping mudik, masyarakat India bahkan memiliki tradisi perayaan Lebaran yang sama dengan di Indonesia, seperti saling mengirimkan makanan, bersilaturahmi, bersalam-salaman, dan membagikan sedekah.

4. Pakistan
Saat menjelang Lebaran, jutaan orang Pakistan pulang ke kampung halaman. Sama seperti di Indonesia, masyarakat Pakistan mudik karena ingin berkumpul dan berlebaran bersama keluarga dan sanak saudara. Sejak beberapa hari menjelang Idul Fitri, biasanya ribuan polisi dan kamera pengintai ditempatkan di berbagai lokasi ramai pemudik seperti di terminal bus, stasiun kereta api, dan bandara. Hal ini dilakukan demi menjamin kelancaran dan keamanan masyarakat yang mudik.

5. Mesir
Bagi masyarakat Mesir, Idul Fitri tidak dirayakan secara besar-besaran. Mereka menganggap Idul Fitri hanya sebagai Id el-Shogayar yang berarti 'Hari Raya Kecil'. Sementara perayaan secara besar-besaran justru dilakukan saat hari raya Idul Adha yang dianggap sebagai Idul Kabir atau 'Hari Raya Besar'. Namun tetap saja, pada kedua Hari Raya ini masyarakat Mesir melaksanakan tradisi mudik ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Di samping tradisi mudik, saat libur Lebaran biasanya banyak warga Mesir yang menghabiskan waktu dengan berkumpul di pinggiran Sungai Nil sambil mengenakan pakaian baru.

6. Arab Saudi
Tradisi mudik juga dilakukan oleh masyarakat Arab Saudi saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Selain mudik, saat menjelang Idul Fitri masyarakat Saudi juga sibuk menata rumah agar terlihat indah ketika dikunjungi tetangga atau keluarga saat Lebaran. Masyarakat di sana juga berlomba-lomba mempersiapkan berbagai makanan mahal dan lezat. Berbagai festival dan pertunjukan seni juga banyak digelar selama perayaan Idul Fitri.

7. Turki
Di Turki, mudik dikenal dengan istilah bayram. Masyarakat Turki juga terbiasa melakukan bayram tiap Idul Fitri untuk berkumpul dan bermaafan dengan keluarga. Setelah berkumpul dengan keluarga, biasanya akan dilanjutkan dengan tradisi berziarah dan tabur bunga ke makam orangtua atau keluarga. Kegiatan mengunjungi makam keluarga di Turki dilakukan secara besar-besaran dan ditandai dengan maraknya kemunculan pasar bunga di beberapa daerah di negara tersebut.

8. Nigeria

Tradisi mudik di Nigeria dilakukan saat menjelang Idul Fitri yang ditetapkan sebagai hari libur nasional selama 2 hari. Banyak umat Muslim Nigeria yang pulang ke kampung halamannya masing-masing untuk mengunjungi keluarga serta berziarah ke makam keluarga.

dream.co.id

Comments
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...